Pengukuran teknik merupakan fondasi dari ilmu teknik mesin. Tanpa pemahaman konsep pengukuran teknik, eksperimen-eksperimen yang dilaksanakan oleh mahasiswa teknik mesin dapat menghasilkan kesalahan-kesalahan fundamental. Ini dapat berujung pada kerugian baik finansial maupun materi.
Kepala Prodi Teknik Mesin Unsyiah, Dr. Muhammad Rizal, S.T, M.Sc, memahami pentingnya pengukuran teknik ini dalam rangka menjamin penelitian dan eksperimen yang dapat dipertanggungjawabkan. Didorong oleh kesadaran ini, Dr. Muhammad Rizal, S.T, M.Sc berinisiatif untuk menyusun buku Pengukuran Teknik: Dasar dan Aplikasi. Menurut beliau, buku ini ditujukan baik untuk mahasiswa maupun praktisi rekayasa dan industri.
Buku ajar ini mengulas secara mendalam dasar-dasar dan aplikasi pengukuran teknik yang dapat dijadikan buku referensi untuk dosen dan mahasiswa teknik – khususnya, maupun umum. Buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan materi yang efisien dalam setiap bab. Keunggulan lainnya dalam buku ini yaitu semua gambar dan tabel tersedia dengan sangat informatif. Contoh-contoh soal dan penyelesaian dalam buku ini akan memudahkan mahasiswa untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran teknik. Buku ini sudah tersedia di laman Gramedia.
Diharapkan buku ini dapat membantu mahasiswa teknik mesin untuk memahami konsep-konsep dasar pengukuran teknik, dan untuk mengukur ketercepaian kompetisi yang ditargetkan melalui soal-soal yang disediakan dalam buku ini.
Profil Pengarang
Dr. Muhammad Rizal, S.T, M.Sc menerima gelar PhD-nya dari Universiti Kebangsaan Malaysia dalam bidang Teknik Mesin dan Material. Beliau pernah bekerja di industri kelapa sawit sebagai asisten manajer di Asian Agri Group dari tahun 2003 sampai 2006. Minat penelitian beliau antara lain: proses permesinan, sistem penginderaan mekanis, sistem pemantauan online, dan sistem pengambilan keputusan. Beliau juga aktif dalam penelitian di bidang pendidikan sains, seperti dapat dilihat dari paper-papernya yang membahas ragam metode pendidikan sains di lingkungan SD dan SMP yang telah dikutip setidaknya 103 kali.